Kakek Penjual Rambut Nenek-Nenek


Lihat, betapa ceria wajah kakek yang satu ini. Menghibur kami semua, yang berderet-deret mengantri makanan langka bernama “rambut nenek-nenek”. Kenapa begitu riuh disitu? Si Kakek ini seperti lagi ketemu cucu-cucunya. Kami semua disuruh nyicipin gratis. Dikasihnya pun gak tanggung-tanggung, buanyakkk banget, sampai kami tolak-tolak karena gak tega.

Si Kakek seakan gak peduli, berapa rupiah yang dibayar kepadanya. Beliau terus sibuk menambah dan menambah lagi si rambut nenek-nenek tadi ke dalam plastik-plastik pembelinya. Mbak-mbak kantoran yang cuma nganterin temennya belipun, dipaksa nerima.
Saat tiba giliran kami, salah seorang teman saya order sekian ribu rupiah. Wew... lagi, lagi, lagi dan lagi, si kakek ga berenti-berenti masukin rambut nenek-nenek itu ke kantong plastik kami. Ini kakek, gulanya aja terasa gula asli, apa gak rugi yak. Sudah dua toples sudah ludes, tapi di kantongnya baru terlihat ribu-ribuan aja.
Biar si Kakek ga rugi-rugi amat, kami berusaha ngasih tambahan uang yang mendekati pantas lah ke si kakek ini. Temen saya meletakkan uang itu begitu aja di atas toples, dan rencananya langsung kabur. eh ternyata kalah cekatan sama gerakannya si  kakek. Bahkan tangan teman saya sempat ditarik karena si kakek bener-bener menolak.

“Saya ini ikhlas…betul saya ikhlas…”

Begitu beliau bilang. Teman saya sampai nangis dibuatnya --tapi sambil ngunyah si rambut putih tulang itu sih--
Subhanallah. Semoga menjadi berkah…. Dagangan laris, rejeki lancar, hidup bahagia, dan panjang umur ya Kek, biar makin banyak yang mengecap manisnya rambut nenek-nenek dagangan kakek. Amiin…

'roem

No comments:

Post a Comment