Belajar Dari Tanah

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah”. (QS. 38:71)

Dalam pelajaran bahasa indonesia dikenal ada yang namanya kata benda, kata kerja dan kata sifat, berkaitan dengan Tanah saya mencoba mengambil beberapa sifat tanah yang mudah mudahan bisa mengingatkan kita bahwa manusia memang di ciptakan dari unsur tanah.

Selayaknya tanah pada umumnya mencerminkan sifat kejujuran,, coba perhatikan tanah,, kita tanam padi tumbuh padi,,, di tanami cabe pasti tumbuh cabe,, mustahil kita tanam jagung akan tumbuh jadi tomat, disini ada keselarasan antara apa yang di tanam dan apa yang dihasilkan,, begitu juga manusia selayaknya apa yang ada di hati sejajar dengan apa yang di ucapkan.

Tanah pada umumnya mencerminkan sifat kehidupan, coba perhatikan tanah, tanah tempatnya bermacam kehidupan bergantung,, sumber makanan dan air ada di tanah.. selayaknya manusia bisa menjadikan dirinya kehidupan diantara keluarga dan orang di sekilingnya.. kehidupan yang penuh kasih, berbagi dan peduli.
Tanah juga mencerminkan sifat kedewasaan, coba perhatikan tanah,, kita injak injak,, kita ludahi,,, bahkan buat tempat buang hajatnya beberapa hewan,, bukanya tanah itu rusak malah makin subur, makin bermanfaat bagi tanaman. mari bertanya pada diri sendiri, apakah kita masih suka marah, apa bila ada yang mencaci kita,, anggap saja cacian orang adalah sarana mencuci hati kita agar tetap bersih,,
dan selayaknya manusia adalah Rahmatalli'alamin.

[gone]

No comments:

Post a Comment