DIS-ORIENTASI ARAH


“Loh kok bisa ngerti utara-selatan sih? Dasar orang jawa, kalo ngomongin arah pasti pake utara-selatan-timur-barat. Aku pas ke Jogja juga gitu, nanya orang dikasih tau…. kesana mbak, luruuus, terus belok ke timur, lurus lagi… Lah, mana ngerti!”

Itu komentar teman kerja saya waktu kami lagi ngomongin sebuah tempat, sayang saya lupa nama tempatnya. Ceritanya tuh, saya cerita sama teman saya itu kalo saya abis pergi ke tempat itu. Karena saya orang yang baru banget tinggal di ibu kota ini, saya pake logika sederhana saja (yang mungkin bisa menyesatkan). Saya tinggal di jalan Kramat Raya yang kalo luruuus terus ke utara (nah tuh, udah pake arah aja), itu bakal sampe di Ancol. Jadi menurut hemat saya (yang boros ini), arah ke pantai adalah arah utara. Kalo utara disana, berarti timur ada di sebelah kanan. Nah yang lain tinggal ngurutin saja, sesuai lagu di pramuka jaman dulu.

Timur – tenggara -  selatan - barat daya …. barat - barat laut – utara - timur lautttt… *Jadi kangen sama kakak-kakak Pembina saya dulu*.

Untuk beberapa bulan pertama tinggal di Jakarta, saya masih terus ngomongin arah dengan gaya seperti kepada teman saya tadi. Setelah lama, baru sadar kalau memang di sini jarang orang pakai. Jadi kalau minta petunjuk arah, dikasih taunya ya….ke kanan, ke kiri, belok kanan, belok kiri….
Kata teman saya yang lain, di Jakarta, menentukan arah itu sulit, karena jalannya miring-miring, gak ada yang lurus. Padahal menurut saya ya susah juga kalo harus kelihatan lurus dulu di peta baru bisa ditentukan arahnya. Ngotot pokoknya saya. Wkwkwkwk…

Kalo di kampung saya di Jogja sana, sudah pasti orang akan ngomongin arah, makanya banyak wisatawan domestik macam teman kantor saya tadi yang kesulitan. Selain arah, di Jogja itu jarang orang hafal nama jalan, karena yang dipake itu nama daerah, tempat atau gedung terkenal. Misalnya jembatan Gondolayu, yang ada di Jl Jend. Sudirman. Orang familiar dengan daerah Gondolayu-nya ketimbang jalan utama di Jogja itu.

Perbedaan itu kali ya, yang bikin teman saya sampai ngomongin suku cuma untuk urusan beginian. Hahaha...
Nah, sekarang setelah empat tahun lebih saya merantau (biar keren istilahnya), saya malah jadi disorientasi arah. Rumus pramuka sudah tidak ampuh lagi. *Jadi nyesel kangen sama kakak-kakak Pembina saya*

Kemarin ada acara di dekat kantor saja, saya kebingungan menentukan kiblat. Walah itu gedung kecilll…. arah menuju kesitu dari kantor juga ga ribet. Kalo dulu mah, pasti bisa ngitung….ya hasilnya kadang salah sih,wkwkwk… Tapi setidaknya saya menganalisa dan bisa mengurutkan dari arah saya datang ke tempat itu. Sekarang, jangankan menganalisa, awal cara mikirnya saja sudah sulit. Kenapa ya?

Yang pasti, gejala penurunan kualitas diri yang saya alami makin panjang deretannya. Setelah penurunan IQ dan mal nutrisi, ternyata saya sekarang disorientasi arah juga. Tapi kalo komentar teman saya sih (persis plek sama salah satu komen di bawah), gapapa yang penting bukan penurunan akidah. Asyik masih bisa ngeles, dapet alasan yang keren pula… :p

'Roem

1 comment:

  1. penurunan IQ dan mal nutrisi...
    kalo dari words nya sih keren ya...

    #manggutmanggut

    :D

    ReplyDelete