Ageman (bhs jawa=red)

Bismillahirrahmaanirahiim
Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut. Kata “agama” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “a” yang berarti tidak dan “gama” yang berarti kacau. Secara entomologis, agama berarti situasi yang tidak kacau. Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin dan berasal dari kata kerja “re-ligare” yang berarti “mengikat kembali”. Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan (wikipedia)
Dalam Al-quran
Ali ‘Imron 19 : Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam .Ar-Ruum 30 : Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuiketerangan lain : Al A’raaf 172 .
Seberapa lama kita memperlajari agama? sejak kita nalar atau mulai bisa berfikir… bahkan mulai dilahirkan ke bumi kita sudah di ajarkan oleh orang tua tentang agama.
Tapi sebarapa kita tau tentang agama itu sendiri?
Mengutip kajian hari ust TNK tentang Kompetisi mulai dari awal kejadian manusia sudah ada kompetisi,,, karena sudah Fitrah Manusia,,,,, Jika menggaris bawahi tentang fitrah manusia, maka kita di tuntut konsistensinya terhadap fitrah tersebut.
Agama tidak hanya di ajarkan, tetapi juga bisa di jalankan, sehingga menjadi pegangan hidup, landasan hidup, pola hidup dalam kehidupan. Sedekat apa kita berhubungan dengan agama atau kefitrahan itu..?
Orang yang dekat dengan Agama akan terjaga dari sifat yang merugikan orang lain, karena itu bertentangan kefitrahan,, sehingga menjadi pakaiannya dalam menjalani kehidupan atau ageman (bhs jawa=red)
Mohon koreksi jika ada salah [gone]

1 comment:

  1. baru tahu kalo kalo "ageman" dalam boso jowo artine "red" dalam boso inglis..

    ...

    #eeeh

    ReplyDelete